Pages

Sabtu, 24 Maret 2012

Ethical Hacking

Judulnya bener kan ya? Hehe, maklum ....



Dalam kehidupan sehari-hari sering ditemui kasus penyalahgunaan sistem baik itu web atau sistem komputer yang dilakukan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab yang bertujuan merusak dan mengacaukan sistem tersebut. Orang yang menyusup ke dalam sistem tersebut sering dinamakan hacker sedangkan tindakan yang dilakukannya disebut hacking. 


Hacking merupakan upaya yang dilakukan seseorang untuk mengakses sistem atau komputer milik orang lain dalam jaringan tanpa memiliki ijin atau ilegal. Tidak selamanya hacker melakukan hal buruk seperti menyalahgunakan sistem yang berhasil disusupi.

Ethical hacking adalah metode hacking yang digunakan tenaga ahli dalam bidang keamanan sistem. Metode ini menerapkan kemampuan hacking  untuk tujuan pertahanan, melindungi sistem komputer atau web dari hacker-hacker yang tidak bertanggung jawab. Meskipun menggunakan perangkat lunak dan teknik yang juga dilakukan oleh hacker tidak bertanggung jawab untuk mencari kelemahan pada sistem dan jaringan, ethical hacker tidak menggunakan cara yang ilegal dalam prakteknya. Mereka dipekerjakan untuk menemukan kelemahan sistem agar dapat mencari tahu dimana mereka harus mulai  mengamankan dan melindungi sistem sehingga dapat menjamin semua informasi layanannya beroperasi seaman mungkin. 

Hacker sendiri memiliki beberapa kategori yaitu: Black Hats yang merupakan penyerang sistem, White Hats yang melindungi sistem, Gray Hats yang bisa menjadi penyerang ataupun mempertahankan sistem, dan Suicide Hats yang memfokuskan dirinya untuk menghancurkan suatu sistem karena dendam. Dalam ethical hacking, ada beberapa sertifikasi yang bisa dimiliki oleh seorang hacker sehingga kemampuan mereka lebih diakui seperti CEH (Certified Ethical Hacker), Security5, Certified E-Business Professional, ECSS (EC-Council Certified Security Specialist) dan lain-lain.

Dalam sebuah sistem ada baiknya jika dilakukan upaya pengamanan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak terduga seperti hacker-hacker nakal. Terkadang orang meremehkan hal semacam pengamanan sistem tetapi dampaknya akan sangat terlihat ketika sistem sudah terserang dan dikacaukan orang-orang tidak bertanggung jawab. Mereka baru menyadari bahwa pengamanan sistem sangat penting ketika semuanya sudah terlambat. Tidak selamanya hacker adalah perusak, orang-orang yang berprofesi sebagai IT Security mereka juga hacker tetapi lebih memfokuskan diri dalam mengamankan sistem tentunya juga harus memperoleh otorisasi dari klien dan harus menjaga kerahasiaan selama pengujian sistem.


Semoga berguna ^^


CuanX -- Life goes on!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saling menghargai tulisan orang lain, jika ingin copas atau mengambil tulisan dari blog ini, mohon sertakan link hidup sumber.

Dilarang komentar yang berbau SARA dan kasar. Apabila ditemukan komentar yang tidak pantas akan langsung dihapus oleh admin.