Pages

Jumat, 05 April 2013

Barang Wajib di Kosan

Hola,,, hari ini hari jumat ya? It's a short friday :P Hehe, kata orang hari jumat itu adalah hari yang pendek, entahlah kenapa kok disebut begitu. Bagiku sih, biasa aja, nothing special sama seperti hari-hari lainnya yang lamanya adalah 24 jam. Cuma memang sedikit specialnya hari jumat adalah waktunya untuk memotong kuku, haha apa hubungannya ya? #abaikansaja

Oke, kali ini saya mau sharing tentang barang-barang yang wajib ada di kamar (baca:kosan). Sebenarnya setiap orang punya pandangan yang berbeda-beda sih tentang barang-barang yang dibutuhkannya, begitu pula aku. ga perlu panjang lebar, ini adalah barang-barang minimalis yang "wajib" ada di kamarku sebagai anak kosan. Let's check it out:

Bed alias Kasur + Tempat tidurnya

Ini barang nomor 1 yang harus ada, aku nggak terbiasa tidur di lantai cuman pake alas tiker. Well, jaman sekarang hampir nggak ada anak-anak kosan yang tidurnya cuman pake tiker kan? Maaf no pict, bisa dikira-kira sendirilah bentuknya kaya apa :P

Lemari
Of course it's a must, kalo nggak mau dimana nyimpen bajunya? Nggak lucu kalo baju bersliweran di lantai. Kotor pastinya dan nggak rapi.
Meja Serbaguna

Satu biji is a must, kalo mau nambah beberapa meja lain itu optional, hehehe. Meja ini berguna banget buat tempat naro laptop, belajar (jangan di kasur, nanti yang ada tidur), tempat barang-barang kecil lainnya. Kalo aku sendiri punya 2 meja yang kecil-kecil semua tingginya nggak nyampe selutut, satu meja biasanya barang yang nongkrong di atasnya itu laptop, gelas + tempat minum, permen, sama kipas angin. Sedangkan satunya agak sedikit "nggak" berguna, cuma buat naro printer sama bagian bawahnya buat nyimpen magic com, beras sama toples isi gula, kopi dkk.Untuk ketiga barang di atas, biasanya itu adalah fasilitas standar sekaligus pertama yang ditawarkan oleh para pemilik kosan. Biasanya di spanduk, selebaran, fasilitas yang ditulis paling atas ya tiga barang itu. Jadi ga perlu repot-repot beli, angkat-angkat dari toko mebel, hehehe. Tapi kalau yang kosannya kosong alias cuman ruangan kamar doang ya terpaksa harus beli dulu. Pictnya nyungsep di mbah Google, bisa dicari sendiri :P

Galon
Beli Aqua air mineral botolan tiap? No! Bisa-bisa kamar kita penuh sama botol-botol minum sekali pakai. Mending pake galon kan? Secara air keran di kosan udah dikategorikan tidak layak minum. Buat mandi aja musti disaring pake kapas dan sehari bisa ganti sampe 3 kali (udah kaya makan), apalagi buat minum.
Laptop + Modemnya
Ini barang yang anak kosan (baca: mahasiswa) harus punya. Sepertinya udah nggak usah dijelasin ini fungsinya buat apaan :D Kalo modem itu bagiku udah seperti pasangan seumur hidup laptopku tercinta, selain karena ga punya TV, buat ngerjain tugas kan ga usah repot-repot ke warnet nyari bahan.
Magic Com

Prinsip nomor satuku sebagai anak kosan adalah hemat! Makanya butuh barang satu ini buat masak nasi biar hemat beli nasi, tinggal beli lauk aja. Biasanya selain buat masak nasi, magic com ini bisa dipake buat masak air (bikin teh, kopi, susu dkk) bahkan sampe bikin nasi goreng :P
Kipas
Kamarku di lantai tiga, lantai paling atas sekaligus beratapkan beton. Jadi kalo siang hari panas atau bahkan sangat panas, bisa dipastikan malamnya di kamar berasa di sauna jadi kepiting rebus. Panasnya minta ampun. Kadang udah dipakein kipas di tombol yang paling kenceng muternya aja masih kepanasan saking panasnya.


Peralatan Makan 
Piring, gelas, sendok bla bla bla. Sebagai anak kosa yang terkadang sadar diri (apalagi pas tanggal tua) buat masak, alat makan is a must. Minimal sendoklah, walaupun sering beli makan di luar, tapi kalo dibungkus kan ga biasanya ga dikasih sendok, apalagi kalo belinya di warteg, jadi musti punya alat makan sendiri dong.
Alat Mandi + Ember

Masih mau nanya ini buat apaan? yang nanya berarti orangnya jorok nggak pernah mandi :D

Handphone

Ini nggak perlu dijelasin kan ya?

Sapu
Yaiyalah harus ada, masa kamarnya ga mau dibersihin? Jorok atuh!
Terminal

Ini buat nyolok-nyolok hp, laptop kalo mau ngecas, kipas angin, dll

Printer

Kadang kalo lagi banyak tugas, banyak ngeprin di warnet juga bikin kantong bolong. Selembarnya 500 perak kali 40 lembar misal kalo lagi ada tugas bikin makalah jadi 20.000 buat ngeprint doang, belum jilid. Belum lagi kalo semua lagi ada tugas barengan, bisa antri lama cuman buat ngeprint beberapa lembar doang sementara deadline tinggal beberapa menit.

Setrika

Buat anak kos yang nyuci baju sendiri, ga afdol rasanya kalo baju kuliah nggak disetrika, meskipun beberapa orang kadang cuek bebek masalah penampilan (kecuali yang pake jasa laundry ya). 

Well, itu beberapa barang yang harus ada di kamarku. Aku orangnya ga terlalu suka banyak barang di kamar, sesedikit mungkin kalo bisa. Jadi buat yang pengen kamarnya bener-bener minimalis (banget) bisa dicoba. Loh ga ada dispenser? Nggak! dispenser yang dibeliin Budhe rusak gara-gara mas sepupuku tenaganya kelewat gedhe waktu mau naro galonnya, jadi jatoh. Terus males beli, hemat listrik :P Kalo masak air paling pake magic com. Tapi itu barang yang sangat disarankan loh buat di kamar. Cuman karena udah males beli-beli barang lagi aja jadi nggak beli dispenser. Biar praktis kalo mau bikin teh atau butuh air panas. 

Selain barang di atas, sebenarnya ada beberapa barang yang recommended banget buat di kosan (karena aku nggak punya dan males beli :P), apa aja barangnya:

TV atau Radio

Buat hiburan kalo lagi bosen, capek melototin laptop terus. Sebenarnya bisa sih streaming lewat laptop, tapi kan sayang kuota modem dan lagi meskipun pake paket unlimited tetep aja masalah utama, lemot :D

Dispenser

Seperti yang udah dibilang di atas, praktis kalo mau minum dan ga usah ngangkat-ngangkat galon kalo mau minum.

Kompor

Ini buat cewek (cowok juga boleh) yang suka masak di kosan dan kosannya ga ada dapur bersamanya. Sekarang banyak dijual kompor kecil yang cocok buat di kamar bisa kompor listrik atau kompor gas yang pake gas sebesar botol aqua buat di kosan. Cocok banget buat yang suka bereksperimen soal masakan.

Nah, kayaknya udah cukup ceritanya abis bongkar-bongkar isi kamar ada apa aja. Sepertinya itu barang-barang standar yang bisa disebut 'must' (versiku tentunya) buat anak-anak kosan berkantong agak menengah ke yang tipis. Kalo ada yang kelupaan ntar bisa diupdate lagi, sementara itu dulu. Meskipun ga penting banget ya cerita kaya ginian? Maafkan diriku yang belum bisa bikin postingan yang bermutu T_____T Maaf juga ga semua diupload fotonya, kendala modem yang super duper lemot buat upload jadi cuman beberapa aja yang sempet ditampilin penampakannya.

Thanks for the day and see ya!

CuanX :o)

2 komentar:

  1. Hai Ana, makasih udah mampir ke postingan aku :)
    Basically sih alatnya itu bisa apa aja, asal bisa bikin foamnya jadi lebih banyak. di video yang aku attach dipostingan itu malahan si cewek pake makeup brush yang agak besar untuk bikin foamnya lebih banyak. Kalo yang ada itu biasanya net kayak shower puff. jadi digosok-gosok creamnya biar busanya banyak. aku sih biasanya kayak gini http://www.youtube.com/watch?v=wsbPysL-U9k atau kayak gini http://www.youtube.com/watch?v=NUQ1hR8Td-Y

    BalasHapus
  2. mmm, aku pakenya sabun yang model bar (batangan) kaya sabun mandi gitu dari dokter. jadi bingung juga kalo mau bikin foam yg kaya begitu T____T biasanya digosok-gosok pake tangan aja. Kayaknya mau ganti ke sabun muka yg cream, lagi nyari-nyari.

    btw, makasih ya udh mampir juga ke postingan aku ^^

    BalasHapus

Saling menghargai tulisan orang lain, jika ingin copas atau mengambil tulisan dari blog ini, mohon sertakan link hidup sumber.

Dilarang komentar yang berbau SARA dan kasar. Apabila ditemukan komentar yang tidak pantas akan langsung dihapus oleh admin.