Pages

Senin, 02 April 2012

Menganalisa tulisan tangan: Kemiringan tulisan #1


Yippy, kembali lagi ke grafologi, setelah kemarin ngubek-ubek zona tulisan (baca: Menganalisa tulisan tangan:zona huruf) sekarang kita akan menyerbu arah tulisan. Well, maksudnya arah tulisan tangan seseorang di lihat dari kiri ke kanan. Cenderung miring, tegak atau .... (terjemahkan aja sendiri ya!).

Arah tulisan tangan menunjukkan bagaimana seseorang berkomunikasi. Intinya, bisa dilihat apakah kita ini gaul, kuper atau biasa-biasa aja. Kemiringan biasa dilihat dari sudut yang tidak lebih dari 45O derajat diukur dari atas (tulisan dalam kondisi tegak-setegaktegaknya halah) baik ke kiri atau ke kanan. Kalau udah lebih dari 45 derajat, berarti orangnya agak berlebihan, entah itu sifat ke kiri atau ke kanan alias ekstrim bo!


Tulisan miring ke kanan sepertinya lebih menarik untuk di ubek-ubek duluan. Jadi kali ini, fokusnya ke tulisan miring ke kanan ya.
lapak yang punya gambar bisa dilihat di sini



Tulisan yang miring ke kanan menunjukkan sikap yang terus mengacu ke masa depan, kecintaan pada ayah, dan kecenderungan diri yang extrovert. Seseorang yang memiliki tulisan miring ke kanan biasanya berjiwa sosial, pandai bergaul, mudah beradaptasi. Kebutuhan untuk mendapat perhatian dan penghargaan dari orang lain, bersemangat dan sangat memerhatikan nilai moral dan etika dalam bergaul.

Tulisan seperti ini juga sering disebut slant (kemiringan) ke depan (secara kita nulis dari kiri ke kanan kan, jadi depan = kanan, betul?)

Tulisan miring ke depan berhubungan langsung dengan reaksi seseorang terhadap situasi. Semakin jauh ke depan (baca:kanan) semakin seseorang cenderung lebih suka bereaksi daripada menanggapi. Orang seperti ini biasanya agak kurang memerhatikan lingkungannya. Lebih berorientasi pada penyebab, cenderung menilai orang dari apa yang terlihat di luarnya saja, tanpa ba bi bu, tanya dulu kek! Yah, lebih sibuk bereaksi daripada memerhatikan.

Kemiringan ekstrim (sangat miring ke kanan) dalam tulisan menunjukkan efek yang sama dalam kehidupan, ektstrim! Artinya kecenderungan emosi mereka kuat, seperti cinta, nafsu, kebencian, semuanya sangat kuat. Biasanya sangat menggebu-gebu dan kurang bisa mengontrol diri. Cenderung ke luar, tetapi agak kurang memerhatikan diri sendiri.

Nah, bagi teman-teman yang sekarang melihat tulisannya dan sedang tertawa karena baru saja sadar bahwa jelas-jelas tulisannya cenderung miring ke kanan, maka bisa dikatakan bahwa teman-teman memiliki tulisan slant ke depan yang cukup jelas.

Kalau teman-teman masih kurang yakin dan harus benar-benar memerhatikan apakah tulisannya benar-benar miring ke kanan, sepertinya teman-teman berada dalam tulisan miring ke kanan yang cenderung moderat (setengah hati kayaknya mau ke kanan eh pengennya tegak atau sebaliknya, hehehe!). Teman-teman mungkin bereaksi terhadap sesuatu tapi mungkin tidak secara langsung atau seekstrim seperti di atas.

Sedangkan teman-teman yang memiliki tulisan yang kemiringannya di antara garis vertikal (tulisan tegak) dan hampir ke depan, berarti kemiringannya hanya sedikit condong ke depan. Ana sarankan jangan diubah. Ya! Tetap aja seperti itu. Kenapa? Karena tulisan yang hanya agak sedikit ke kanan, bisa dikatakan kemiringan ideal. Menandakan si penulis memiliki keseimbangan, tidak menahan diri, tetapi juga tidak meledak-ledak, alias wajar.

Berikut ini sifat-sifat positif secara umum yang dimiliki tulisan miring ke kanan:
-          Kemampuan beradaptasi
-          Kemampuan bersosialisasi
-          Memiliki keahlian tertentu
-          Aktivitas
-          Spontanitas
-          Semangat
-          Lebih banyak aktif daripada merenung
-          Kemampuan untuk berkomunikasi
-          Optimisme
-          Mampu mengorbankan diri
-          Kepekaan untuk terlibat dalam suatu proyek
-          Empati
-          Tidak mementingkan diri sendiri
-          Memerhatikan orang lain
-          Keinginan untuk memberi
-          Ekspresif
-          Pengabdian
-          afeksi (ini sifat apa ya?)

Sedangkan sifat negatifnya:
-          Kurang kontrol
-          Kurang bisa bersikap tenang
-          Tidak sabar
-          Terburu-buru
-          Kurang mampu beristirahat
-          Kurang mampu berpikir
-          Kadang kurang disiplin
-          Mudah tersinggung
-          Mudah dipengaruhi
-          Kurang mampu membuat keputusan yang baik
-          Dorongan untuk mengikuti caranya sendiri
-          Kadanga kurang memerhatikan bahaya
-          Mudah berubah
-          Banyak omong
-          Tergantung pada orang lain
-          Bisa bersikap keras

Kadarnya ya tegantung arah tulisan ya, semakin miring semakin ... ekstrim wahahaha!
Semoga berguna ^^


Referensi: 
Bedah Lengkap Grafologi - Dwi Sunar Prasetyono
Mengubah Kepribadian Melalui Tulisan Tangan - Vimala Rodgers


CuanX -- Life goes on!

2 komentar:

  1. terimakasih .. saya sudah baca .. dan Wow !!! tulisanku miring 55 derajat

    BalasHapus
  2. miring ke kiri atau ke kanan ya?

    BalasHapus

Saling menghargai tulisan orang lain, jika ingin copas atau mengambil tulisan dari blog ini, mohon sertakan link hidup sumber.

Dilarang komentar yang berbau SARA dan kasar. Apabila ditemukan komentar yang tidak pantas akan langsung dihapus oleh admin.