Pages

Minggu, 01 April 2012

Infopreneur


Informasi yang sejak dulu sudah berkembang baik dari mulut ke mulut maupun media cetak, saat ini berkembang menjadi sebuah komoditas, sebuah produk yang mempunyai nilai dan dapat diperjualbelikan. Infopreneur adalah istilah yang digunakan pada orang atau pihak yang menjual indormasi.
Dalam hiruk pikuk bisnis, hal ini membuka peluang besar bagi para enterpreneur untuk menghasilkan sumber pernghasilan baru hanya dengan menjual informasi. Produk informasi ditawarkan dalam berbagai bentuk misalnya buku, e – book yang kemudian diperjualbelikan baik secara nyata maupun virtual secara online di internet.
                Keuntungan dari menjual informasi salah satunya adalah pembuatan dan proses penyebaran produk yang relatif mudah bahkan bisa disebut otomatis, seorang infopreneur bisa menjual sepanjang waktu dengan upaya yang minim. Misalnya seorang penulis mengirimkan karyanya ke penerbit kemudian bukunya diterbitkan dan menerima royalti, ketika menjadi best seller maka bukunya tersebut dicetak ulang yang berarti royalti lebih. Tidak berhenti begitu saja, tidak hanya dicetak dalam bentuk buku tetapi dibuat ke dalam versi e – book yang kemudian diperjualbelikan di dunia maya. Semua itu bisa ada dengan adanya informasi, sekecil apapun. Tidak perlu menjadi seorang ahli dalam bidang tertentu untuk menjadi seorang inforpreneur, hanya bermodalkan informasi saja walaupun bukan bidangnya banyak penulis yang membuahkan karya best seller dari bukunya.
                Profesi seorang infopreneur tidak hanya penjadi penulis, seorang pendidik, konsultan, penerbit, penyunting, analais sistem informasi, mereka adalah juga seorang infopreneur. Banyak sekali jalan menjadi seorang infopreneur, orang – orang sering terhambat dalam menyampaikan informasi biasanya karena tes bakat dan minat yang menganjurkan mereka memilih pekerjaan yang tidak berhubungan dengan infopreneur padahal pekerjaan apapun bisa dijadikan sumber penghasilan bagi seorang infopeneur. Kemudian hambatan lainnya adalah tuntutan orang, nama besar seorang penulis yang terkadang menciutkan nyali para penulis baru, dan konsep yang sebenarnya mudah karena tidak mengerti menjadikan semuanya rumit. Mahasiswa yang sedang menuntut ilmu juga bisa menjadikan ini sebagai peluang sumber penghasilan sampingan dengan informasi yang berkembang di kalangan mereka baik secara akademik maupun non – akademik.


CuanX -- Life goes on!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saling menghargai tulisan orang lain, jika ingin copas atau mengambil tulisan dari blog ini, mohon sertakan link hidup sumber.

Dilarang komentar yang berbau SARA dan kasar. Apabila ditemukan komentar yang tidak pantas akan langsung dihapus oleh admin.