Pages

Selasa, 03 April 2012

Kepribadian ganda?

Berpikir tentang kepribadian, terkadang aku sendiri bingung. Galau sebenarnya karakerku yang sebenarnya seperti apa sih? Kadang ceria, kadang biasa saja, tapi kadang aku bisa jadi sangat pendiam. Itu dulu, sewaktu kepribadianku masih labil, walaupun bukan berarti sekarang aku sudah berprinsip satu ya?

Lalu sebenarnya apa yang dimaksud dengan kepribadian ganda? Kenapa kata-kata itu seolah-olah sudah tidak asing lagi di telinga (ku)?


Orang yang memiliki sifat berubah-ubah biasa dikatakan berkepribadian ganda. Contohnya? Banyak kok. Di sekeliling kita pun banyak. Teman-teman kelas misalkan. Sering kita temui orang-orang yang "sedikit" tidak konsisten dengan prinsipnya. Paling terlihat saat mengobrol, sekarang begini, besok udah begitu. Terus penampilan yang sangat sering berubah modelnya, kadang norak tapi kadang terlihat modis dan bisa dandan. Itulah sebagian kecil dari kepribadian ganda itu sendiri. 
yang punya lapak gamar bisa dilihat di sini 

Bicara soal kepribadian ganda. Mungkin orang yang memiliki kepribadian seperti itu, mereka punya sedikit "trauma" di masa lalu mereka. Entahlah ketakutan tentang apa itu, tapi yang pasti faktor keluarga adalah salah penyebab yang sangat umum. Mereka dihantui oleh ketakutan akan sikap mereka sehingga memutuskan untuk bertingkah kebalikan dari yang seharusnya mereka ungkapkan. 

Ana sendiri punya seorang teman, sangaaaatttt dekat. Dia adalah tipe orang yang "bunglon", menggunakan kepribadian orang lain seolah-olah itu adalah kepribadiannya. Loh? Kok bisa? Entahlah, hanya dia yang tahu, dan sekelumit orang yang memang benar-benar mengerti dia, tentu saja tidak termasuk aku *gubrakk. Berbeda dengan orang-orang yang memiliki trauma di masa lalunya, orang ini memang memiliki trauma *that's absolutely right tapi dia benar-benar sadar atas apa yang dia lakukan dan itu memang pilihannya untuk mengkamuflasekan tingkah lakunya. 

Caranya agak sedikit unik kalau kubilang, dia punya beberapa orang "idola" *seingatku, nah "idolanya" ini akan diamatinya segala seluk beluk tentang dirinya, kemudian ditiru. Dia pandai untuk tidak pernah menampakkan emosinya secara langsung di depan orang lain, tapi jika marah, akan sedikit terlihat sifat aslinya *dia menampakkan rasa marah hanya pada teman-teman terdekatnya. Itu dulu, entahlah kalau sekarang. Maklum sudah tiga tahun kami berpisah.

Orang ini sebenarnya baik, tapi sangat keras kepala. Sifatnya tidak suka mengalah alias mau menang sendiri. Cukup dikenal di antara teman-temannya, baik teman sekelas maupun di lingkungan tempat tinggalnya. 

Oho, sekitar empat tahun bersamanya, sampai sekarang pun aku masih agak kesulitan untuk mengerti sifat aslinya. Caranya memperlakukan masalah dan memandang orang sangat berbeda satu sama lain. Sampai-sampai aku pun bingung dibuatnya.

Terakhir kali, dia menelponku saat ulang tahunku, *sebenarnya bukan terakhir juga sih. Setiap tahun hampir tidak pernah lupa memberikanku ucapan selamat. Kuperhatikan dia tidak berubah, tetap cool seperti dulu. Entahlah itu memang sifat aslinya atau dia sedang menjadi bunglon.

Yah, dari semua itu sebenarnya menurutku tidak ada kepribadian yang memang benar-benar ganda. Yang ada adalah satu kepribadian yang sedang "galau" atau sedang sulit untuk kembali ke akal sehat sebagaimana dirinya yang biasanya. Mungkin disebabkan karena masalah, tekanan fisik atau batin, stress atau hal lainnya. Jadi jangan bosan untuk mencari dan terus mencari siapa dirimu yang sebenarnya. ^^


CuanX :o) Life goes on! 
Just for fun!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saling menghargai tulisan orang lain, jika ingin copas atau mengambil tulisan dari blog ini, mohon sertakan link hidup sumber.

Dilarang komentar yang berbau SARA dan kasar. Apabila ditemukan komentar yang tidak pantas akan langsung dihapus oleh admin.