Pages

Senin, 13 Oktober 2014

Busway or Not?

Berada di Jakarta, walaupun cuma selama beberapa minggu, tetap saja akan membutuhkan transportasi (baca: busway). Ya, sebagai orang udik yang tidak pernah tinggal di Jakarta dan udah lamaaaaa banget ga ke Jakarta pasti penasaran dong gimana sih rasanya naik busway (baca: TransJakarta ya, busway itu jalur, tapi lebih enak diucapin sih so aku tetap bakal pake kosakata busway). Itu aku ya, gatau kalo kamu atau yang lain. Meskipun suka ditakut-takutin kalo naik busway itu desak-desakan, lama, nyebelin, dll, tapi yang namanya penasaran ya tetep aja ga bisa dikibulin.

Kenapa aku pilih busway? Karena tempat tujuanku berada di Jakarta Selatan, tepatnya di daerah segitiga emas, (daerah manakah itu? Cari sendiri yaa) so pasti trasportasi yang pasti ada adalah busway (sekali lagi baca: TransJakata). Selain itu ada alasan-alasan lain kenapa aku milih busway, dan setelah aku menggunakan busway alasan ini makin kuat, yah sekaligus cerita pengalamanku selama baik busway aja kali ya:
  • Lebih pasti. Karena bagi aku yang orang baru, kadang kebingungan kalo mau naik angkutan umum, kopaja, metro mini dll. Repot banget harus nanya sana-sini, yang mana burnya, kan banyak banget tuh, belum lagi turunnya harus dimana, gimana kalo kebablasan. Yah, beserta gimana-gimana yang lain. Kalo busway kan udah pasti, tinggal mau ke mana, turun di halte mana (turunnya pasti di halte, bukan di jalan) yang paling deket sama tempat tujuan. Udah itu dari halte tinggal jalan kaki deh. Tinggal baca peta atau nanya petugasnya (aku lebih berani nanya petugas halte busway daripada orang di jalan) kalau mau ke sini turun di halte mana. Beres.
  •  Murah. Harga tiket busway dipukul rata segala tujuan halte Rp. 3.500,- sajah, kalo pagi malah cuma Rp. 2000,-. Jadi ga perlu takut kalo kebablasan haltenya, selama belum keluar dari area tiket kita mau muter naik bus nya 10 kali pun ga masalah, asal ga malu sih.
  • Adem. Ini sebenarnya relative sih, tapi dijamin adem kalo naik yang jurusan Blok M – Kota atau koridor I karena busnya masih bagus banget dan kebetulan tiap aku naik selalu ga pernah sampe yang berdesak-desakan ga manusiawi, mungkin karena lagi jam ga sibuk kali ya. Kalo yang koridor lain atau halte lain, kayaknya,, emmm,,, ya gitu deh, ga pernah nyoba sih haha. Pernah sekali sih, desak-desakan tapi bukan di koridor I, lupa deh, halte mana, itu pertama kali dan sekalinya naik busway sampe desak-desakan dan hampir 20 kali bus lewat ga pernah bisa masuk gara-gara kepenuhan. Rasanya? Jangan ditanya!
  • Cepat. Ini harus digarisbawahi nih, KALO GA MACET ya dan ga ada kendaraan nakal yang nyolot lewat busway (baca: jalur bus).
So, itu aja sih. Yang paling aku andelin sebenernya adalah murah dan pastinya jadi cuman nomor 1 dan 2 aja sih yang aku kuatin, maklum lagi ngirit.

CuanX :o)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saling menghargai tulisan orang lain, jika ingin copas atau mengambil tulisan dari blog ini, mohon sertakan link hidup sumber.

Dilarang komentar yang berbau SARA dan kasar. Apabila ditemukan komentar yang tidak pantas akan langsung dihapus oleh admin.