Pages

Kamis, 19 Februari 2015

Anda Job Seeker seperti saya?

Ketika kuliah dan belum lulus, pengennya sih cepet lulus. Sepertinya asyik sekali udah punya ijazah dan bebas mau ke mana aja. Itu dulu pikiranku waktu belum lulus kuliah sih. Enak ya kalo udah lulus bisa langsung kerja. Rasanya iri liat temen-temen lain yang bahkan sebelum lulus udah bisa kerja dan punya penghasilan sendiri. Pengen kaya mereka.

Etapi, that's extremely wrong! ternyata. Setelah kuliah, itu artinya uang jajan dari beasiswa orang tua jadi berkurang bahkan bisa-bisa ga ada pemasukan lagi. Kudu cepet-cepet cari kerjaan. Bisa dibilang ini awal penderitaan job hunter dimulai. Setidaknya ada beberapa hal yang jadi kebiasaanku sekarang ketika nyari kerja.

Pertama, Nongkrongin situs CDC atau karir kampus, Jobstreet, Jobsdb atau browsing lowongan kerja. Dulu, saban liat hp ato laptop sukanya facebookan doang sama bbman. Sekaran? Masih facebookan juga sih, tapi giat nongkrongin grup lowongan kerja, wkwk.Jadi, karena aku masukin lamaran via email atau internet. Ga capek jalan-jalan ke pak Pos buat ngirim lamaran.  Masukin puluhan bahkan ratusan lowongan kerja jadi ga masalah tapi mungkin di antara ratusan lowongan itu hanya satu dua yang dipanggil. Dipanggil buat ikut tes atau inteview lho ya, belum tentu diterima.



Kedua, HP ga boleh jauh-jauh. Jaga-jaga kalo ada telpon undangan talk show. Jadi kemana-mana musti bawa hp sekarang, dan misal ditinggal pun ga boleh lama-lama. HP ga boleh sampe mati abis batre juga. Pernah suatu ketika, ditinggal nyuci, eh ada telpon. Pas ditelpon balik, ternyata panggilan. Err, itu ga cuma sekali! Jadi, sekarang haram hukumnya jauh-jauh dari hp.

Ketiga, Siapin modal. Terutama buat jalan-jalan kalo ada panggilan interview. Musti sabar kalo dipanggil sana-sini (sekali lagi, buat tes atau interview) dan bolak-balik keluar kota cuma buat menuhin undangan talk show sama calon atasan dan rekan kerja. Namun, setelahnya, beberapa minggu berlalu dan tidak ada lagi kabar dari mereka. Bagiku, kalau ga ada kabar, hanya satu arti yaitu Gatot alias gagal total. So, nyari terus.

Keempat, Masa bodo sama hasil tes. Aku ga pernah mikirin (baca: menyesali) kembali tes atau wawancara yang bagiku jelek apalagi memalukan. Cukup jadikan pelajaran dan bahan buat memperbaiki CV atau memperbaiki apa yang perlu disampaikan sama interviewer.

Kelima, Berpikir positif dan jangan menyerah. Terkadang suka sebel kalo udah capek-capek dateng inteview eh ga ada kabar lanjutan. Yaudah daripada stress, biarin aja. Bagiku, hanya ada 3 alasan aku ga diterima. Satu, si interviewernya ga suka sama aku either aku ga bisa nunjukin aku punya kriteria yang dibutuhin ato ga bisa bujuk dia buat tertarik sama aku, or I'm not qualified alias kriteria yang aku punya bukan yang dibutuhin or I'm over qualified takut minta gajinya kegedean kali ya :P

Keenam, Selalu update resume CV. Selalu cari cara buat nyari kekurangan CV ku, jadi CV harus selalu diperbaiki.

Ketujuh, Hemat. Karena ATM udah sangat-sangat keropos sementara modal harus selalu ada minimal buat nyampe ke tempat tujuan. Makanya cara tebaik adalah hemat-sehematnya. Istilahnya hemat tingkat dewa.

Kedelapan, pas abis ditelpon excitednya jangan kelamaan. Buru-buru cari itu si perusahaan yang nelpon. Inget-inget dimana kita pernah apply. Kan ga masuk akal, kalo ga pernah masukin lamaran tapi kok dipanggil. So, history ke mana aja masukin lamaran, harus ada dan jangan diilangin. Contohnya sent item email.

Kesembilan, Cek si perusahaan. Abis ketemu tuh darimana aku masukin lamaran, ga serta-merta langsung packing buat jalan ke alamat kantor yang dikasih. Searching dulu, ada ga review tentang si perusahaan. Kan sumber-sumber udah banyak tuh. Pernah suatu kali, saking senengnya ada yang manggil setelah beberapa minggu. Langsung dateng aja, eh ga taunya ternyata itu sales MLM. Kan ga lucu, udah abis duit banyak. Ternyata ga sesuai harapan atau perusahaannya palsu.

Meskipun sampe sekarang belum dapet kerjaan, tapi paling ga ada sedikit pelajaran dari pengalaman nyari kerja kemarin-kemarin. Yang jelek, semoga jangan terulang. Yang bagus, semoga selalu berkembang dan jadi nilai tambah yang bikin perusahaan tertarik. Aamiin..




CuanX :o)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saling menghargai tulisan orang lain, jika ingin copas atau mengambil tulisan dari blog ini, mohon sertakan link hidup sumber.

Dilarang komentar yang berbau SARA dan kasar. Apabila ditemukan komentar yang tidak pantas akan langsung dihapus oleh admin.