Pages

Minggu, 07 April 2013

Belo vs Sipit?

Guys, adakah di antara teman-teman yang punya mata lebar atau sipit? Pasti banyak. Di dunia ini, banyak sekali orang yang punya mata lebar atau yang biasa disebut belo. Demikian pula dengan orang yang ditakdirkan punya mata sedikit sempit alias sipit, terutama orang Asia bagian Timur seperti Jepang, Korea, yang paling terkenal karena penduduknya tersebar di mana-mana termasuk Indonesia adalah Chinese atau Cina. Sudah tidak asing lagi kalau di jalan kita ngelihat orang dengan mata sipit, kulit putih, biasanya bakal langsung bilang dia Cina #pengalaman. Ya, orang Asia (Timur) sepertinya memang hampir identik dengan mata sipit dan kulit putih kaya porselen.

Tidak adanya lipatan mata hampir menjadi salah
satu ciri khas mata sipit (ada juga orang sipit yang punya lipatan mata). Aku sendiri termasuk yang punya mata kecil alias agak sipit dan tidak punya lipatan mata, tapi bukan Cina, tidak pula punya kulit putih seputih porselen. Entah keturunan darimana yang jelas dari orang tuaku ^^ Adik-adikku juga semua bermata sipit, tapi hanya adikku yang paling kecil yang punya lipatan mata. 

Berada di lingkungan yang mayoritas penduduk atau teman sebaya yang tidak bermata sipit kadang aku dikomentarin sama tetangga atau teman sekolah "Ih, matanya sipit ya!" atau "Eh, kamu tuh melek dong jangan merem terus!". Padahal sebenarnya mataku ga sipit-sipti amat lho!

Sering dikomentarin kadang membuatku ga pede punya mata sipit. Apalagi setelah banyak browsing atau denger cerita orang, di salah satu tempat yang notabene penduduknya adalah ras bermata sipit banyak yang melakukan permak ketika berdandan untuk membuat lipatan mata terutama wanita. Mulai dari lem untk membuat lipatan mata sampai operasi lipatan mata. Udah tahu kan pasti, ga usah sebut merk lah ya :P Mereka menganggap bahwa mata yang cantik itu adalah mata yang lebar dan punya lipatan matanya.

Kurang pede karena punya mata sipit menurutku itu wajar saja mengingat sebagian besar orang di sekelilingku memang bukan bermata sipit, tapi untungnya tidak sampai membuatku kalap mau bikin lipatan mata. 

Well, sebenarnya sejak dulu aku bangga punya mata yang berbeda dari teman-teman di sekelilingku. Sangat bangga malah. Loh tadi kan bilang kurang pede? Iya, kurang pede bukan berarti ga bangga kan? Hehehe #ngeles

Aku di sini nggak akan menjelekkan orang yang permak atau gimana, cuma ingin berbagi cerita aja. Ada salah seorang teman yang tidak mau disebut namanya, dia dikaruniai mata yang normal seperti teman lainnya, tidak sipit. Akan tetapi, ternyata dia pengeeeennn banget punya mata sipit. Katanya sih cantik! Kebalikan kan dari yang punya mata sipit pengen punya mata lebar? Aku sedikit terbengong-bengong lihat dia 
yang ngefans banget sama orang bermata sipit. Aku jadi pede kalo dia ngefans sama aku. Hueks!

See? Sama seperti orang yang sipit pengen mata yang lebar, orang bermata lebar pun terkadang pengen juga punya mata sipit. Jadi, sebenarnya punya mata sipit itu nggak jelek-jelek amat kok. At least paling nggak kita punya penglihatan yang ga kalah sama yang punya mata lebar. Sama-sama bisa lihat awan di langit, gunung yang jauh pun kelihatan. Pernah kok aku tanya sama temenku seberapa jauh dia melihat, aku juga bisa melihatnya (kecuali yang punya mata minus/plus/silinder itu beda lagi ya). Lagipula, Tuhan juga sudah menganugerahkan kita kemampuan untuk berhias, menghias mata kita agar terlihat lebih cantik, itu sah-sah saja kan? 

Emang nggak kelihatan punya lipatan mata, tapi ga terlalu sipit juga kan?
Ingin punya mata lebar bukan berarti mampu kan? Kalau memang mampu untuk mengubah, ya silakan, nggak ada yang ngelarang, tapi yang nggak mampu ya jangan terus berkecil hati. Terkadang sesuatu dalam diri yang menurut kita adalah kekurangan justru di saat yang sama menjadi kelebihan kita di mata orang lain. ^^
See ya!
CuanX :o)

2 komentar:

Saling menghargai tulisan orang lain, jika ingin copas atau mengambil tulisan dari blog ini, mohon sertakan link hidup sumber.

Dilarang komentar yang berbau SARA dan kasar. Apabila ditemukan komentar yang tidak pantas akan langsung dihapus oleh admin.