Pages

Kamis, 04 April 2013

Perjalanan Panjangku Menolak Sayur

Hari ini sedang galau, jadi teringat masa-masa dulu waktu masih di rumah sering diomelin gara-gara ga mau makan sayur.

Sayur itu sehat, sayur itu kaya vitamin dan serat, sayur itu bikin kulit jadi bagus, sayur itu bla bla bla bla ... 

Itulah yang sering dikatakan para orang tua pada anaknya yang bandel banget ga mau makan yang namanya sayur. Hayo, siapa di sini dulu yang ga suka makan sayur? Pasti orang tua bakalan nyekokin kita macam-macam dari mulai wejangan (contohnya seperti di atas) sampe dengan paksaan buat makan yang namanya sayur. Banyak banget anak-anak
(termasuk aku) yang ga suka sama sayur. Mulai dari yang cuma anti sama satu jenis sayur, wortel misalnya, sampai ke yang ga suka banyak jenis sayur. Lebih parah lagi, sama sekali ga mau ada sayur walaupun sedikit nongkrong di piring makannya. Dan aku adalah salah satu contohnya.

Dulu, waktu masih di rumah, aku nggak mau makan apapun yang berbau sayur. Bahkan mi instan (rebus) yang didalemnya sering ada ijo-ijonya pun aku sisihan alias dibuang saking antinya sama sayur. Ngeselin banget aku waktu itu. Sampe-sampe Bapakku sering ngomel-ngomel gara-gara ga punya duit buat beliin lauk tiap hari. Bayangin aja, makan itu harus pake telur, ayam atau minimal tempe goreng. Kalo nggak, aku nggak mau makan.

Sebenarnya selain sayur, aku juga termasuk picky kalo soal makanan. Daging-dagingan aku nggak mau, kecuali ayam dan beberapa (dikiiiitt banget) jenis daging lain tergantung cara masaknya. Hati ayam, sarden, kornet aku juga masih ogah-ogahan makannya.

Orang di sekelilingku sering bujukin aku buat makan yang namanya sayur, tapi dasar aku orangnya keras kepala. Semua nasihat dari mulai nenek, nenek (nenekku kan 2 hehe), om, tante, Budhe, masuk kuping kiri keluar kuping kanan. Lewat semua, hehehe.

Pernah karena saking pusingnya gara-gara kebiasan makanku yang suka banget pilih-pilih makan, Ibuku mutusin buat berhenti ngasih makanan yang ku suka. Masakan semua dibikin dari sayur, walopun masih ada telur tempe, tapi semua di mix sama sayur. Akunya masih tetep ga mau, milih puasa daripada makan sayur or makanan yang ga aku suka. Akhirnya orang tuaku pun nyerah, terserah aku mau makan atau nggak. Alhasil, gara-gara kebiasaanku yang suka pilih-pilih makanan dan ga mau makan sayur. Badanku jadi kering kerontang kaya ga ada nutrisinya. Kurus sih enggak, tapi nggak sekenceng orang yang suka makan sayur.

Sebenernya sampai aku lulus SD, badanku ceking saking kurusnya gara-gara nggak mau makan sayur sementara lauk jarang-jarang ada, jadi jarang makan. Terus naik ke SMP, badanku mulai lebih berisi walopun masih tetep kering. SMP ini aku lagi doyan makan soalnya kebutuhan makanku terpenuhi apalagi ibuku yang lagi suka-sukanya masak, sering banget bikin cemilan, roti, pokoknya makanan yang aku doyan :D

Sampai akhirnya, aku pindah ke Bandung buat kuliah. Awal di Bandung aku belum ngekos, tapi ikut Budhe (kakaknya ibu). Di sini aku mulai kenal yang namanya sayur, masih tetep ga suka sih, tapi sama Budhe dicekokin terus. Tiap hari ada aja sayurnya, mulai dari kangkung, bayam, lodeh, sop dan kwan-kawan seperjuangannya. Budhe in orangnya keras dan terlebih lagi, aku nggak berani ngelawan kalo udah disuruh makan sayur. Akhirnya sedikit demi sedikit (tetep cuman sedikit) aku pun mulai belajar makan yang namanya
sayur.

Kemajuanku yang bagus dan baik ini ternyata hanya bertahan beberapa bulan aja karena kemudian aku mulai berani dilepas sendiri alias ngekos. Di tempat kos ini, kebiasanku mulai kambuh, picky soal makanan. Walaupun bekal kiriman orang tuaku nggak banyak, aku tetep maksain kalo makan ya harus makanan yang aku mau. Alhasil, uangku 90% habis gara-gara makanan yang ga sehat dan mahal. Itupun ga bisa mencukupi kebutuhan makanku 3 kali sehari. Seringnya aku cuman makan sekali sehari.

Karena kebiasaan ini, hadiah yang kudapat adalah penyakit maag yang sering kambuh. Setidaknya sebulan sekali T___T harus minum yang namanya obat maag sama diare dan pernah sekali masuk rumah sakit karena maag akut. Ini pencapaian yang paling bikin aku kapok.

Karena kejadian itu, sekarang aku jadi sadar (walaupun belum sepenuhnya sadar) bahwa makan makanan yang sehat itu penting terutama sayur. Makannya mulai teratur, sebisa mungkin nggak sembarangan lagi dan nggak cuma sekali sehari. Sekarang, aku sedang belajar makan yang namanya sayur, belum bisa tiap hari sih tapi aku usahain minimal seminggu sekali ada sayur yang nongkrong di piring makanku meskipun porsinya masih sangat sedikit. Namanya juga belajar :P

Yang namanya belajar, pastinya ga bisa langsung semua sayur mau ketelen kan ya? Walaupun masih juga picky soal sayur, tapi paling nggak tubuhku ini udah sedikit kemasukan nutrisi dari sayur. Masih suka bandel sih, tapi paling nggak udah ga pernah kumatan lagi sakit-sakit gara-gara makan yang nggak bener. Semoga aja ntar makin kesini makin doyan sama sayur, kalo nggak, kebayang besok suamiku repot ngasih makan aku :P

That's for the day and see ya!

CuanX :o)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saling menghargai tulisan orang lain, jika ingin copas atau mengambil tulisan dari blog ini, mohon sertakan link hidup sumber.

Dilarang komentar yang berbau SARA dan kasar. Apabila ditemukan komentar yang tidak pantas akan langsung dihapus oleh admin.