Pages

Sabtu, 04 Februari 2012

REPORT


Setelah ngomongin tentang reported speech, ada baiknya kalau sedikit belajar tentang jenis text yang namanya report, yaitu text yang fungsinya untuk menyajikan sebuah informasi tentang sesuatu, bisa kejadian, penemuan baru, benda atau apapun.

Sedikit berbeda dari news item (jangan dikira sama ya?), pada report tidak ada yang namanya kutipan langsung atau sumber yang ngelaporin sapa.
gambarnya minjem

Langsung ke penjelasannya aja ya!

1.       Purpose                               : to present information about something
2.       Generic structures         
a.       General cassification              : introduces the topic of the report
b.      Description                                 : tell the details of topic
3.       Language features
a.       General nouns                         
b.      Present tense
c.       Behavioral verbs                     
d.      Technical terms
e.      Relating verbs
Example:
White pelican
General Classification/Statement of the reported object:
        The white pelican is one of the most successful fish eating birds. The success is largely due to its command hunting behavior. A group, perhaps two dozen birds, will gather in curved are some distance offshore. The birds then begin to move forward towards the shore, beating the water furiously with their wings, driving the fish before them.
Description:
      When the water is shallow enough for the birds to reach the fish, the formation breaks up as its meal. As the bird lifts its head, the water drains from its bill leaving the fish which are then swallowed. Pelicans are among the oldest group of birds, Foss is of this genus have been found dating back 40 million years.
Taken from: http://www.text-types.com


CuanX -- Life goes on! 
Disclaimer : tidak semua bagian dari postingan ini murni tulisan admin, sebagian ada yang mengambil dari sumber lain yang dilampirkan, jika diketahui ada sumber yang belum dicantumkan bisa konfirmasi ke admin dan mohon maaf setulus-tulusnya bukan bermaksud plagiat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saling menghargai tulisan orang lain, jika ingin copas atau mengambil tulisan dari blog ini, mohon sertakan link hidup sumber.

Dilarang komentar yang berbau SARA dan kasar. Apabila ditemukan komentar yang tidak pantas akan langsung dihapus oleh admin.