Pages

Jumat, 03 Februari 2012

Descriptive Text

Setelah recount, procedure dan narrative, kita sekarang beranjak ke jenis text selanjutnya yaitu descriptive. Sesuai dengan namanya deskripsi ya menjelaskan tentang sesuatu baik karakteristik, ciri-ciri, sifat atau lainnya dari sebuah benda, bisa orang, tempat, barang (apa bedanya sama benda coba?) dll.

Dari jaman SMP (atau malah SD) kita sering disuruh sama Bu Guru atau Pak Guru buat bikin text yang menceritakan diri sendiri kan ya? Ga? Aaah, jangan boong, Ana dulu juga sering kok disuruh bikin kaya gitu, bahkan sampe Ana sekarang kuliah pun dulu pernah disuruh sama Dosen bikin kaya gitu.

Haha, setiap disuruh bikin text semacam itu pasti di paragraf awal, kata-katanya begini, "My name is ..." atau "I am ... " yah intinya pertama kali bilang nama kita atau nama orang yang pengen dijelasin siapa. Setelah itu biasanya tanggal lahir, warna ramput, tinggi, hobi dll. Persis kalo kita kenalan di depan kelas wkwkwk.

Nah text seperti itulah yang termasuk descriptive, tapi inget ya, bukan hanya orang saja yang bisa didesripsikan.
Buat yang tertarik pengen bikin text descriptive ini nih petunjuk atau ciri-ciri yang ada pada text descriptive.


1.       Purpose                               : to describe a particular person, place or thing
2.       Generic structure
a.       Identification             : identify information to be described
b.      Description                 : describe parts, characteristics
3.       Language features         
a.       Focus on specific part participants
b.      Use of attributive and identifying processes
c.       Frequent use classifiers in nominal groups
d.      Simple present tense
e.      Past tense (if the object described is not exist anymore)
Example:
Natural Bridge National Park

Identification:
Natural Bridge National Park is a luscious tropical rainforest.
Description:
      It is located 110 kilometres south of Brisbane and is reached by following the Pacific Highway to Nerang and then by travelling through the Numinbah Valley. This scenic roadway lies in the shadow of the LamingtonNational Park. The phenomenon of the rock formed into a natural ‘arch’ and the cave through which a waterfall cascades is a short 1 kilometre walk below a dense rainforest canopy from the main picnic area. Swimming is permitted in the rock pools. Night-time visitors to the cave will discover the unique feature of the glow worms. Picnic areas offer toilets, barbecues, shelter sheds, water and fireplaces; however, overnight camping is not permitted.


CuanX -- Life goes on!
Disclaimer : tidak semua bagian dari postingan ini murni tulisan Ana, sebagian ada yang mengambil dari sumber lain yang dilampirkan, jika diketahui ada sumber yang belum dicantumkan bisa konfirmasi ke admin dan mohon maaf setulus-tulusnya bukan bermaksud plagiat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saling menghargai tulisan orang lain, jika ingin copas atau mengambil tulisan dari blog ini, mohon sertakan link hidup sumber.

Dilarang komentar yang berbau SARA dan kasar. Apabila ditemukan komentar yang tidak pantas akan langsung dihapus oleh admin.