Pages

Kamis, 19 Februari 2015

Teguran Mesin Cuci Manual

Sebagai anak desa yang ga pernah mengenal mesin cuci, mungkin pengalaman dodol ketika baru awal memakai mesin cuci bakal dialami, seperti aku. Dulu sewaktu masih tinggal di Jogja, di sana tidak ada mesin cuci. Jadi, praktis aku belum pernah memakai yang namanya mesin cuci, masih pakai kekuatan tangan 10 jari.

Nah, sewaktu di Bandung. Selama sekitar 3 bulan aku tinggal bersama seniorku yang lebih mirip ibu yang suka mengurus segala kebutuhan anaknya yang manja. Jadilah aku panggil dia 'Mama'. Okay, di sini aku nggak akan bercerita tentang mama, tapi mesin cuci yang ada rumah Mama.

Sewaktu tinggal di sana, pekerjaan cuci mencuci yang selama ini dikerjakan laundry atau cuci sendiri semuanya dikerjakan sama mesin cuci. Kebetulan mesin cucinya adalah mesin cuci otomatis yang sekali pencet cucian keluar udah hampir kering siap jemur. Jadilah aku kalau nyuci enak banget tinggal pencet langsung jemur. Nah, di sini betapa dodolnya aku. Kupikir semua mesin cuci ya sama begitu. Sekali pencet langsung beres.


Beberapa hari ini aku menginap di tempat temanku di Jakarta karena males bolak-balik Jakarta-Bandung selama nyari keja minggu ini. Di sana ada mesin cuci, sayangnya itu mesin cuci manual. Pas dia mau nyuci, ya jadilah aku ngikut aja. Nyuci pertama lancar karena ada dia yang nemenin, meskipun awalnya kagok juga ga ngerti cara pakenya. Jadi mesin cuci dua tabung alias mesin cuci manual itu setelah dicuci dan dibilas, bajunya harus dikeringkan pakai tabung pengering. Dan satu lagi, ngisi airnya manual. Jadi waktu buat nyuci bakal lebih lama dari waktu nyuci biasanya kalo pake mesin cuci otomatis.

Pas nyuci kedua, kebetulan aku sendirian. Awalnya sih ga ada masalah waktu nyuci dan bilas baju. Tapi waktu mau ngeringin bajunya, bunyi mesinnya berisik banget. Kukira ga ada masalah, sampe 3 menit kemudian. Ada mas-mas yang ke atas dan manggil,

'Mbak, itu mesin cucinya ga gitu lo bunyinya biasanya. Kalo gitu terus bisa rusak!'

Hah! Aku ga tau. Dan masnya langsung buka si mesin cuci yang bikin pengeringnya berhenti.

Lalu sama si mas dijelasin cara pake mesin cucinya. Malu banget rasanya. Ternyata waktu masukin ke dalam pengering, baju yang awalnya numpuk-numpuk dan amburadul musti dipisah dan dimasukin satu-satu ke mesin cucinya.

Jadi pelajaran aja, sekarang jadi tau cara pakai mesin cuci manual. Hahaha, next time harusnya ga udik-udik amat lah ya!


CuanX :o)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saling menghargai tulisan orang lain, jika ingin copas atau mengambil tulisan dari blog ini, mohon sertakan link hidup sumber.

Dilarang komentar yang berbau SARA dan kasar. Apabila ditemukan komentar yang tidak pantas akan langsung dihapus oleh admin.