Pages

Rabu, 15 Mei 2013

Laptop Lemot?

Hampir setiap pengguna laptop atau komputer (selanjutnya sebut saja laptop ya karena saya punyanya itu hehehe) pasti pernah mengalami masalah yang satu ini. Bahkan sering pengalaman. Laptop tiba-tiba lambat sekali prosesnya. Di luar sana juga sudah banyak segunung daftar blog/website yang membahas tentang cara mengatasi masalah yang sudah sangat umum dialami para pengguna laptop ini. 

Malas sekali sebenarnya mau bikin postingan ini mengingat pesaing di search engine juga cukup bertaburan, tapi untuk sekedar kenang-kenangan barangkali nanti saya butuh, ga ada salahnya kan ya hehehe.


Oke, sebenarnya yang akan saya ceritakan di sini adalah hal yang sering saya lakukan sih. Ga perlu nunggu sampe lemot juga sih, cuma kalo saya merasa udah ada tanda-tanda mau kumat langsung diberesin yang kiranya bakal bikin lemot. Sebisa mungkin jangan nunggu sampe lemot beneran, karena efeknya fatal. Nambah dosa karena ngamuk-ngamuk sendiri sama laptop yang ga bisa ngomong, stress gara-gara tugas ga kelar-kelar atau yang paling parah, laptopnya remuk gara-gara dibanting
  • CCleaner

Udah banyak yang tahu kan ya? CCleaner adalah software buat "bersih-bersih" laptop. Cukup ampuh menurut saya buat ngebersihin "sampah" dan "debu" yang berterbangan *ejaannya bener ga ya?* dalam laptop saya. Software ini bisa membersihkan file-file "sampah" yang paling banyak dari hasil saya browsing sana-sini. Mulai cache, history, registry, file bekas uninstall program, recycle bin dll pokoknya banyaklah, saya lupa dan ga ngerti kalo harus nyebutin satu-satu.
penampakan tersangka
  • Update Antivirus

Laptop yang lemot bisa jadi gara-gara kita ternyata ga sengaja menimbun virus atau trojan nakal yang diam-diam nyusup ga pake permisi. Nah, ini yang dulu sering banget saya lakukan dan ga pernah absen tapi sekarang udah ga pernah inget lagi karena tahunya udah otomatis. Update antivirus, ini penting banget buat yang suka main di dunia maya atau tuker-tukeran file dari teman-teman sesama lapto *eh. Virus-virus buat ngacak-ngacak laptop selalu di-update sama orang jahil makanya kita saya maksudnya juga harus selalu siap sedia membentengi laptop diri dengan perisai. Jangan pelit kuota internet buat update antivirus ya, soalnya pengalaman gara-gara ga pernah update sayang kuota akhirnya saya kedatangan penghisap hardisk, entahlah lupa nama virusnya yang jelas hardisk yang mulanya masih bergiga-giga, jadi 0 byte. Nyesek parah itu.
  • Defragment

Ini buat ngerapiin file-file dalam laptop. Jadi, istilahnya kalo kamar yang isinya selalu diupdate, pasti akan ada saat kondisinya lagi kotor atau berantakan. Barang-barang ga pada tempatnya, biar kelihatan rapi dan ga terlalu penuh dirapiin, ya begitulah kira-kira. Nah, kalo di laptop jadi ngerapiin tempat yang, misalnya ada file yang barusan dihapus, nah ga serta merta tempat yang ternyata udah kosong itu langsung bisa dimasukin file baru, harus dibersihin dulu. Kalo kata kamar tadi, kamar kos yang udah abis penghuninya, sebelum bisa dihuni sama orang lain harus dibersihin dulu. Yah, lagi-lagi begitulah kira-kira. *sotoy*

tersangka tukang rapi-rapi

  • Hapus File yang tidak berguna

Ini yang paling rajin saya lakukan, saya ga suka sama barang yang udah ga berguna. Menuh-menuhin aja, jadi didelete aja mending. Eits, tapi ingat ga berguna sekarang bukan berarti besok-besok ga bakal berguna. Pilihlah file yang memang benar-benar kita sudah sama sekali tidak membutuhkannya, sekarang atau nanti. Atau file yang kira-kira mudah didapat di internet dan sering diupdate, seperti installer browser misalnya, setelah instal biasanya langsung saya hapus. Karena selain mudah didownload, versinya juga sering update jadi yang lama buang aja deh hehehe.
  • Uninstall Software yang sudah tidak dipakai

Hmm, gampang-gampang susah buat yang satu ini. Soalnya bagi anak yang apalagi baru pake laptop pasti sangat sulit memilih software mana yang benar-benar penting baginya. Salah-salah nanti malah ngehapus sistem lagi, kan gawat tuh. lagi-lagi pengalaman Ini mah insting aja ya? Hehe. Saya ga punya saran khusus. Intinya percayakan saja sama insting sendiri, mana yang penting dan mau dipake mana yang enggak. Kalo saya sendiri gampang aja, sistem ga diutak atik pokoknya, karena ga ngerti. Saya cuma ngutak-atik bongkar pasang program yang saya tahu terutama saya install sendiri.
  • Cek Virus

Udah dibahas tadi kan ya tentang update antivirus. Gunanya ya di sini, buat mengecek ada atau tidak anak-anak virus nakal yang nyangkut di sistem. Sekalinya ada langsung shift+delete pokoknya tumpas sampai tak tersisa *yang penting sih sampe merasa udah ga ada virusnya lagi*. Virus baru biasanya hanya terdeteksi oleh antivirus yang sama-sama terupdate.
  • Matikan Startup program

Kalo kita menghidupkan laptop, biasanya akan sekelompok program yang akan start sendiri tanpa disuruh. Jadi, kadang-kadang laptop bisa lemot gara-gara kebanyakan program yang running tapi ga guna ga dipake sama saya. Contoh aplikasi Y*hoo Messenger tiba-tiba jalan sendiri waktu laptopnya hidup padahal itu aplikasi ga lagi dipake, stop saja startingnya daripada menuh-menuhin kerjaan. CCleaner biasanya udah support fasilitas ini di bagian Tools --> Startup.
  • Bersihkan sisa peninggalan program 

Saya ga terlalu ngerti kalo bagian ini, karena CCleaner udah support fasilitas ini jadi tinggal klik beres deh hehe.
  • Install Ulang

Solusi pamungkas dan paling akhir kalo saya udah stress banget ga ngerti laptop harus digimanain lagi. Bawa ke tukang service trus install ulang. Bayar tapi. Ini cara yang cukup ampuh tapi kadang biking nangis juga karena file yang ada di sistem bisa hilang, apalagi yang laptopnya partisinya cuman C:/Local Disk. Wah bisa nangis darah itu. Solusinya, partisi hardisk ga cuma satu bagian aja, C, D, E, kalo perlu sampe Z buat yang kapasitas hardisknya tumpah-tumpah saking banyaknya. 

Demikian segelintir cara yang sering saya lakukan buat mengatasi si lemot yang sering datang. Maaf bahasanya belepotan *hajar*.
CuanX :o)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saling menghargai tulisan orang lain, jika ingin copas atau mengambil tulisan dari blog ini, mohon sertakan link hidup sumber.

Dilarang komentar yang berbau SARA dan kasar. Apabila ditemukan komentar yang tidak pantas akan langsung dihapus oleh admin.