Pages

Senin, 23 Juli 2012

Cara Install Codeigniter

Sebelumnya, Codeigniter merupakan salah satu framework PHP, yang pastinya digunakan untuk membuat aplikasi Web yang selanjutnya akan kita sebut saja CI (biar enak ngetiknya hehe). Nah, sebelum menginstall CI, terlebih dahulu download CI-nya di sini.

Oya sebelumnya ada beberapa tools atau bahan-bahan yang perlu digunakan nanti, jadi alangkah baiknya jika sebelum menginstall CI, install dulu beberapa tools di bawah ini:

  1. Framework CI dalam bentuk .zip yang sudah didownload dari web resminya
  2. XAMPP, ini untuk server di komputer kita (apache dan PHP) yang nantinya akan file CI akan ditaruh di sini, bukanya alias menjalankannya juga bakal lewat sini.
  3. Notepad++, ingat ada ++nya ya, gunanya untuk mengedit codingan alias text editor, sebenarnya bisa juga memakai notepad biasa tapi percayalah, lebih mudah menggunakan notepad++ :v
  4. Web browser (yakinlah ini tools yang mungkin pertama kali ada diantara ketiga tools yang disebutkan di atas) seperti IE, Firefox, atau Chrome (ini yang saya pakai)
Setelah semua tools di atas tersedia, mau di copy dari teman atau didownload boleh juga, mulailah menginstall toolsnya satu persatu:
tampilan ketika service XAMPP berjalan 

ekstrak folder CI
  1. Install XAMPP di komputer kita, setelah selesai jalankan servicenya, hanya apache dan mysql pun sudah cukup yang lain di stop saja
  2. Ekstrak folder CI dari .zip yang telah kita download sebelumnya, foldernya mau di rename menjadi sesuka kita pun boleh (misalkan di sini diubah menjadi CI)
  3. Setelah itu cari folder HTDOCS yang ada dalam program XAMPP di system, biasanya C:/xampp/htdocs atau yang penting folder htdocs, kemudian copykan folder CI yang telah diekstrak ke sini
  4. Buka file config.php pada folder di XAMPP application/config menggunakan notepad++, kemudian ubah base URLnya sesuai folder CI misalnya http:/localhost/CI
  5. Coba test di browser menggunakan base URL yang telah diatur di atas, jika berhasil, maka akan muncul tampilan seperti di bawah
Proses instalasi CI selesai, setelah itu silakan bereksperimen sendiri.




CuanX :o) 
Life goes on! 
Just for fun!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saling menghargai tulisan orang lain, jika ingin copas atau mengambil tulisan dari blog ini, mohon sertakan link hidup sumber.

Dilarang komentar yang berbau SARA dan kasar. Apabila ditemukan komentar yang tidak pantas akan langsung dihapus oleh admin.